Candi Gedong Songo Wisata Jawa Tengah

Candi Gedong Songo Wisata Jawa Tengah, Visit Semarang – Kata Gedong Songo itu sendiri diambil dari bahasa jawa yaitu gedong dan songo, gedong berarti bangunan atau rumah sedang songo adalah sembilan, jadi candi ini memiliki arti “candi yang berjumlah sembilan”, candi gedong songo merupakan peninggalan sejarah hindu yang terletak di Gunung Ungaran, ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan diperkirakan dibangun pada masa Wangsa Syailendra pada abad ke-9. Bangunan di lokasi candi gedong songo mempunyai kemiripan dengan kawasan candi di Dieng. Candi Gedong Songo Ungaran terletak di ketinggian 1.200 di atas permukaan laut , suhu di lokasi tersebut lumayan dingin yaitu 19 s.d 27 Celcius.
candi gedong song
Gedung Songo pada awal penemuannya dinamakan Gedong Pitoe oleh Raffles karena pada saat itu hanya ditemukan 7 candi saja, Tahun 1825 Van Braam membuat publikasi akan temuannya itu, kemudian pada tahun 1865 Hoopermans dan Friederich membuat tulisan tentang kawasan wisata ini. Pada tahun 1910 hingga 1911 pembangunan yang dipimpin oleh Knebel dengan melakukan inventarisasi lokasi air panas di lokasi wisata tersebut. Pada tahun 1928 hingga 1929 dilakukan pemugaran Candi Gedong 1 kemudian dilanjutkan dengan perbaikan pada Candi 2 pada tahun 1930-1932.

Pemerintah Indonesia melakukan pengambilalihan serta perbaikan pada tahun 1977-1983 yakni perbaikan pada candi 3, 4 dan 5 yang dilakukan oleh SPSP (Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala) hingga pada tahun 2009, candi ini dirombak serta diperbaiki secara keseluruhan.

Nah bagi anda yang dari luar daerah,  bisa menuju lokasi wisata candi ini bisa ke Bandungan Jawa Tengah, kawasan wisata Gedong Songo ini banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun turis asing, karena selain peninggalan sejarah kerajaan, di sana anda  juga menikmati  pemandangan alam yang begitu indah tidak kalah dengan tempat wisata di daerah lain.

Kawasan Candi yang berada di Bandungan, Semarang, Jawa Tengah juga banyak diminati komunitas pecinta alam atau komunitas lainnya, misalnya kegiatan kemah bersama ataupun jenis kegiatan lain.