Cara Cetak Tiket Boarding Pass dan Check In di Stasiun Kereta Api

Beragam inovasi telah dilakukan oleh PT. KAI seperti pemberlakuan sistem Check-In dan Boarding Pass untuk penumpang kereta api.

Penumpang yang telah membeli tiket saluran-saluran resmi, seperti minimarket terkemuka, kantor pos, dan agen perjalanan bisa melakukan cetak tiket di mesin cetak mandiri yang terdapat di stasiun, pencetakan tiket kereta bisa dilakukan 12 jam sampai 10 menit sebelum keberangkatan.

Pemberlakuan sistem Check-In dan Boarding Pas telah diberlakukan di stasiun-stasiun Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, Daop 2 Bandung, Daop 5 Purwokerto, Daop 6 Yogyakarta, dan Daop 7 Madiun, serta beberapa stasiun lain .

Lalu, bagaimanakah cara Check-In dan Boarding Pass yang mesti dilakukan penumpang kereta api? Berikut langkah-langkah untuk melakukan check in dan boarding pass di stasiun kereta api.

1. Jika Anda telah membeli tiket kereta api, cari mesin check-in.
Check-in dilakukan dengan cara mengetikkan kode booking yang tercantum pada bukti transaksi pembelian tiket di mesin check-in mandiri.
Mesin akan mengeluarkan boarding pass yang mencantumkan nama dan ID penumpang, kode booking, dan nama KA beserta tujuan dan jadwal keberangkatan.

2. Setelah boarding pass keluar, itulah tanda bukti tiket yang akan diperiksa oleh petugas stasiun.
Saat boarding jangan lupa membawa kartu identitas sesuai dengan yang tertera di boarding pass. Petugas akan melakukan verifikasi boarding pass dengan perangkat scanner serta memeriksa kecocokan data dengan kartu identitas asli penumpang.

3. Pasca-pemeriksaan boarding pass.
Anda bisa menunggu kedatangan dan waktu keberangkatan kereta api di ruang tunggu sampai pengumuman resmi dari pihak stasiun.

4. Saat berada di dalam kereta api.
Pastikan Anda duduk sesuai dengan nomor gerbong dan kursi yang tertera di boarding pass.

5. Tunjukkan boarding pass
Simpan boarding pass dan tunjukkan kepada petugas di dalam kereta saat pemeriksaan tiket kereta api.

Sebagai catatan, penumpang yang membeli tiket go show setelah mendapatkan tiket, penumpang tetap harus melakukan check-in pada mesin check in mandiri untuk mencetak boarding pass.

Setelah berhasil mencetak boarding pass, maka penumpang dapat segera menuju boarding gate untuk pemeriksaan identitas.

Stasiun-stasiun yang telah menerapkan sistem check in, mesin cetak tiket mandiri sudah tak tersedia.

Sementara, stasiun-stasiun yang belum menerapkan sistem check-in, sistem cetak tiket fisik (tiket biru) tetap dilakukan via mesin Cetak Tiket Mandiri.

Sumber: Kompas