Menggunakan BPJS di Luar Kota

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, mempunyai kartu BPJS wajib bagi seluruh warga negara Indonesia. Ditambah dengan secara rutin membayar iuran secara rutin (kecuali peserta PBI gratis dibayar oleh pemerintah). Bila belum terdaftar ada baiknya mendaftarkan diri baik secara online maupun datang langsung ke kantor BPJS terdekat. Juga sebaiknya memilih fasilitas kesehatan yang terjangkau ( baca : Cara Mendaftar BPJS Kesehatan via Online dan Offline )

Bagaimana kalau sudah terdaftar di suatu tempat, ada kepentingan  berpindah tempat baik itu disebabkan urusan pribadi atau pekerjaan. Contohnya saat berlibur panjang ke luar kota untuk waktu yang cukup lama, perbedaan cuaca atau lingkungan bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Bagaimana jika kamu sakit di luar kota dan ingin menggunakan BPJS? Apakah bisa?

Apa bisa BPJS digunakan di Kota Lain/ Luar kota?

Iya, kamu bisa menggunakan BPJS untuk berobat saat berada di luar kota. Akan tetapi kamu harus memenuhi syarat dan menjalani prosedur. Beberapa hal yang harus diperhatikan dibawah ini untuk bisa menggunakan BPJS di luar kota.

Adapun syarat yang kamu harus penuhi yaitu membawa dokumen penting yang terdiri dari:

  • Kartu Tanda Penduduk.
  • Kartu BPJS Kesehatan.
  • Surat Keterangan domisili.

Prosedur untuk menggunakan BPJS di luar kota:

  • Kamu, peserta BPJS meminta surat pengantar ke fasilitas kesehatan pertama dari kantor cabang BPJS terdekat di luar domisili. ( lihat : Alamat kantor BPJS)
  • Saat berkunjung ke kantor cabang BPJS tersebut, sebaiknya kamu membawa surat keterangan domisili dan menunjukkannya kepada petugas BPJS.

Sebagai contoh, kamu peserta BPJS yang terdaftar di fasilitas kesehatan di Jakarta. Suatu waktu kamu mengambil cuti liburan ke Bandung. Saat kamu menikmati liburan di kota tersebut kamu tiba-tiba terjangkit suatu gejala penyakit. Kamu menginginkan berobat menggunakan BPJS di Bandung. Kamu bisa menggunakannya di Bandung dengan cara mempersiapkan surat domisili dari Kantor BPJS Jakarta dan meminta surat keterangan di kantor BPJS terdekat di Bandung. Dengan surat keterangan itulah kamu bisa berobat di fasilitas kesehatan di Bandung.

Disamping itu, kalau kamu telah lama menetap di suatu kota (diluar domisili yang tercatat) akan lebih baik kamu memindahkan fasilitas kesehatan ke kota tersebut. Kamu bisa menghubungi kantor cabang BPJS terdekat untuk mengajukan perpindahan fasilitas kesehatan. Proses perubahan fasilitas kesehatan bisa dilakukan setelah 3 bulan terdaftar di fasilitas kesehatan pertama sebelumnya dengan membawa surat keterangan domisili.

Suatu contoh, kamu sudah bertahun-tahun menetap di Bandung sedangkan kamu terdaftar sebagai peserta BPJS dan fasilitas kesehatan di Jakarta. Kamu bisa menghubungi kantor cabang BPJS terdekat di Jakarta untuk mengurusi perpindahan fasilitas kesehatan. Kamu baru bisa menunggu perubahan fasilitas kesehatan setelah 3 bulan terdaftar di fasilitas kesehatan pertama dan tentunya jangan lupa membawa surat keterangan domisili.

BPJS memberikan perlindungan secara nasional, kamu bisa menggunakannya dimana saja asalkan membawa surat keterangan domisili dan sabar mengurusi surat keterangan dari kantor BPJS luar kota. Akan lebih baik kamu sehat dimana kamu berada sehingga dapat menikmati hari-hari kamu.