Perbedaan Booking dan Issued Tiket

Tidak dapat dipungkiri bagi sebagian penumpang pemula baik penumpang pesawat atau kereta api banyak yang masih belum mengerti secara detail antara booking tiket dengan issued tiket. Ada diantara mereka yang mengira jika melakukan booking maka mereka harus membayar, ada pula yang mengira jika mereka booking tiket berarti sudah pasti membeli dan lain sebagainya. Kita dapat memaklumi karena istilah atau bahasa booking dan issued belum begitu dimengerti oleh calon pembeli, beda halnya dengan orang orang di travel agent ataupun di maskapai penerbangan yang setiap harinya menggunakan istilah tersebut.

Booking itu sendiri merupakan bahasa inggris yang berarti “pemesanan”, sedangkan issued juga berasal dari bahasa inggris yang berarti “diterbitkan”. Dapat kita lihat dari arti bahasanya sudah mempunyai perbedaan bukan?, penggunakan istilah tersebut tentu juga berbeda dalam dunia tiket pesawat terbang ataupun tiket kereta api. Baiklah, untuk lebih jelasnya kita terangkan satu persatu istilah tersebut.
Pengertian dan penjelasan BOOKING tiket pesawat/ kereta api. Sebagaimana kita ketahui diatas, BOOKING berarti pemesanan, booking tiket berarti proses pemesanan tiket pesawat untuk pribadi/ seseorang atau orang lain dengan rute dan tanggal yang sudah ditentukan oleh calon penumpang. Untuk tiket pesawat, seseorang yang melakukan proses booking tidak dikenakan biaya apapun, tujuan melakukan proses booking ini adalah untuk mendapatkan seat dan harga yang pasti. Jika kita tidak melakukan proses booking dan hanya sekedar bertanya harga, otomatis harga yang diberikan saat kita bertanya belum tentu sama dengan harga 1, 2, 3 jam kedepannya atau bahkan 1, 2, 3 hari kedepannya, namun jika kita sudah booking, otomatis harga pada saat itu sudah kita dapatkan tanpa akan berubah nantinya. Contoh; suatu pagi si A menanyakan harga tiket JKT SUB pada sebuah travel agent, saat itu harga yang diberikan adalah 350.000, namun si A tidak melakukan booking dengan alasan ingin konsultasi dulu dengan istri. Setelah konsultasi dengan istri dan si istri setuju dengan harga tersebut, si A kembali ke travel agent untuk membeli tiket, saat ditanya harga tiket ternyata harga 350.000 sudah tidak ada lagi dan harga baru adalah 535.000. Nah, sayang bukan?…seandainya saja si A melakukan booking terlebih dahulu baru berkonsultasi dengan sang istri, tentunya harga 350.000 sudah pasti didapat, toh jika sudah booking dan ternyata si istri tidak setuju gak jadi masalah kok, intinya  booking tiket tidak bayar

Kembali ke istilah BOOKING, kesimpulan dari BOOKING ini adalah bahwa booking tiket tidak mengeluarkan biaya, dengan melakukan booking, posisi harga pasti sudah kita dapatkan (bisa dikatakan juga bahwa booking tiket adalah mengunci sementara tiket yang masih tersedia pada waktu itu). Suatu hal yang penting untuk diketahui setelah booking adalah TIME LIMIT, timelimit adalah batas waktu yang diberikan untuk melakukan pembayaran jika tiket yang sudah kita booking ingin kita ambil. Jika kita tidak jadi membeli tiket yang sudah dibooking sampai timelimit habis maka reservasi akan otomatis batal dan kita tidak akan dikenakan biaya apapun, namun jika harga sudah sesuai dan kita ingin mengambil tiket yang sudah kita booking tersebut maka kita harus melakukan pembayaran sebesar harga tiket sebelum timelimit habis. Harus diingat benar-benar kapan timelimit diberikan setelah kita melakukan booking tiket pesawat, jangan sampai nanti marah marah kepada travel agent atau maskapai penerbangan karena kesalahan kita lupa timelimit ya…
Pengertian dan penjelasan ISSUED tiket. ISSUED tiket berarti tiket diterbitkan atau dicetak atau dikeluarkan sebuah tiket pesawat. Proses issued tiket diawali terlebih dahulu dengan proses booking tiket. Kapan dilakukan proses issued tiket pesawat? Proses issued tiket pesawat bisa dilakukan langsung setelah selesai proses booking ataupun sebelum timelimit booking habis. Beda dengan booking tiket, issued tiket mengeluarkan biaya, biaya yang dikeluarkan adalah sebesar harga tiket yang di issued/cetak tentunya. Proses issued bisa dilakukan oleh travel agent atau maskapai penerbangan berdasarkan permintaan calon penumpang berdasarkan data booking yang sudah dilakukan sebelumnya. Harap diingat, tiket yang sudah di issued tidak bisa dirubah nama lagi, jadi harap diperhatikan benar-benar pada saat booking untuk memberikan nama penumpang yang berangkat sesuai dengan tanda pengenalnya. Proses issued adalah proses akhir ketika membeli tiket. Untuk web tiket online seperti tiket3.com, Setelah anda membayar sebesar harga tiket yang anda booking maka beberapa menit kemudian tiket akan issued dan kode booking bisa digunakan check in di bandara ataupun stasiun.
Kesimpulan perbedaan BOOKING dengan ISSUED tiket. Dari penjelasan diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwasanya:
– BOOKING tidak mengeluarkan biaya apapun kepada travel agent atau maskapai penerbangan.
– Proses booking adalah proses memasukkan data penumpang yang akan berangkat agar mendapatkan harga tiket yang pasti.
– Proses booking dibatasi dengan timelimit dimana bookingan akan dibatalkan otomatis jika timelimit habis.Jika tiket ingin diambil, lakukanlah pembayaran sesudah proses booking selesai atau sebelum timelimit habis.

Semoga bermanfaat…